Sikap Mulia di Akhir Zaman

Diposting oleh AAS | 18.17 | | 0 komentar »

(Disampaikan dalam Tabligh Akbar di Mesjid Raya Bogor

Ahad 4 Dzulqo`dah 1429 H - 2 November 2008 M)

Dewan Pengurus Daerah (DPD)

HASMI - Bogor

Akhir Zaman adalah Akhir kehidupan dunia yang mendekati masa terjadinya hari kiamat. Awal dari akhir zaman itu sendiri adalah diutusnya Rosululloh saw. Hal ini disampaikan langsung oleh Rosululloh saw:

“Aku diutus dan hari kiamat seperti dua ini – beliau menunjukkan dua buah jarinya – “ (Hr. Bukhori : 8/190)

Rosululloh saw menceritakan bahwa akhir zaman ditandai oleh 2 jenis : Jenis yang buruk dan jenis yang menggembirakan..

Di antara tanda-tanda akhir zaman yang buruk adalah :

1. Merebaknya kejahilan (fusyuwwul Jahl) dan sedikitnya ilmu (Qillatul `Ilm).

Berkurangnya ilmu dimulai saat Agama telah disempurnakan oleh Alloh Swt, nikmat Negara dianugerahkan kepada kaum muslimin dan Rosululloh saw pulang ke rahmatulloh, sehingga terus berkurang sampai diangkat secara menyeluruh.

Abu Musa Al Asy`ari dan Ibnu Mas`ud rda berkata : Rosululloh saw bersabda :

“Sesungguh menjelang qiyamat ada hari-hari merebaknya kejahilan, diangkatnya ilmu, banyaknya al harj… Al Harj adalah pembunuhan”. (Hr. Bukhori : 9/87)

Hudzaifah bin Yaman rda berkata : Rosululloh saw bersabda :
“Islam akan terurai seperti terurainya tenunan baju sehingga tidak diketahui lagi apa itu soum, apa itu solat dan apa itu sodaqoh. Islam berjalan atas Kitabulloh di malam hari, akan tetapi tidak ada lagi ada yang tersisa satu ayatpun di wujud dunia. Sekelompok orang-orang sepuh dan tua hanya bisa mengatakan : Kami hanya mendapati bapak-bapak sejak dulu mengenal la ilaaha illalloh, kamipun ucapkan hal itu”. (Silsilah Hadits Shohih : 87)

2. Tersebarnya perzinahan dan merebak hingga menjadi komoditi perdagangan.

Nuwas bin Sam`an rda berkata : Rosululloh saw bersabda :

“Tersisalah manusia-manusia buruk yang melakukan zina seperti Himar melakukan hubungan. Di masa merekalah hari kiamat akan terjadi”. (Hr. Muslim : 8/197)

3. Mendominasinya lagu dengan berbagai jenis musik.

“Akan ada di kalangan umatku suatu kaum yang menganggap halal zina, sutra, khomr dan alat-alat musik”. (Hr. Bukhori)

4. Dihalalkannya khomr serta merebaknya konsumsi khomr di tengah-tengah masyarakat.

5. Merebaknya pembunuhan, kerusuhan dan kekikiran.

Abu Huroiroh rda berkata bahwa Rosululloh saw bersabda :

“Waktu saling berdekatan, ilmu berkurang, kikir tak mau hilang, huru-hara merajalela dan banyak terjadi kerusahan. Para Sohabat bertanya : Ya Rosululloh, kerusuhan apakah itu? Beliau saw menjawab : pembunuhan, pembunuhan”. (Hr. Bukhori : 7061)

6. Terjadinya fitnah agama yang sangat mengerikan serta merebaknya aliran-aliran sempalan perusak agama.

Abu Huroiroh rda berkata bahwa Rosululloh saw bersabda :

“segeralah berbuat sebelum masa fitnah seperti potongan malam yang gelap : Dimana seseorang menjadi mu`min di pagi hari dan kafir di sore hari, mu`min di sore hari serta kafir di pagi hari, menjual agamanya dengan barang dagangan dunia”. (Hr. Muslim : 403 8)

Tanda-tanda Menggembirakan Akhir Zaman :

1. Beribadah pokok di masa fitnah jauh lebih mulia.

2. Islam akan masuk ke seluruh negeri.

3. Kemenangan Islam ditegakkan oleh kaum muslimin dengan dakwah dan jihad fi sabilillah, sampai seluruh makhluk Alloh swt ikut serta mendukungnya.

3. Wujud yang tiada pernah henti toifah manshuroh (Kelompok penegak Islam).

Di dalam hadits yang panjang dikisahkan :

“seorang laki-laki berkata : ya Rosululloh kapankah datangnya kiamat? Maka Jawab Nabi saw : Persiapan apa yang kamu lakukan untuk menghadapinya? Laki-laki itupun diam, lalu berkata : ya Rosululloh, aku tidak mempersiapkannya dengan banyak sholat, soum atau sodaqoh. Akan tetapi aku mencintai Alloh dan RosulNya. Beliau saw bersabda : Kamu akan bersama orang yang kamu cintai”. (Hr. Muslim : 160)

Rosululloh saw bersabda :

“Sudahkah kalian mendengar sebuah kota, yang sebelah daripadanya ada di darat dan di sebelah lainnya ada di laut? Para shahabat menjawab : Sudah tahu ya Rasulullah ? Beliau bersabda : Kiamat tak akan terjadi sebelum kota tersebut diserbu oleh 70.000 pasukan dari anak keturunan Ishaq. Apabila mereka telah datang ke kota itu, mereka singgah. Tetapi tidak berperang dengan senjata, dan tidak melemparkan satu anak panah pun. Mereka hanya mengumandangkan bacaan : La ilaha illa Alloh, wa Allohu Akbar, maka roboh salah satu dari kedua benteng (belahan) kota itu. Tsaur mengatakan, “Saya tidak tahu kecuali bahwa Rasulullah saw bersabda : Belahan (benteng) yang ada di laut”. Kemudian mereka mengucapkan untuk yang kedua kalinya : La ilaha illa Alloh wa Allohu Akbar, maka jatuhlah belahan (benteng) yang lain dari kota itu. Sesudah itu mereka mengucapkan pula untuk ketiga kalinya : La ilaha illa Alloh wa Allohu Akbar, maka terbukalah kota itu bagi mereka, sehingga mereka dapat memasukinya, lalu mendapatkan harta rampasan perang”. (Hr. Muslim)

Rosululloh saw bersabda :

“Kiamat tak akan terjadi sebelum kaum muslimin memerangi kaum Yahudi. Mereka akan diperangi kaum muslimin, sehingga orang-orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon. Maka berkatalah batu dan pohon tersebut : Wahai orang Islam, wahai hamba Alloh, ini ada orang Yahudi bersembunyi dibelakangku, kemarilah, bunuhlah dia! Kecuali pohon gharqad, karena pohon itu adalah pohonYahudi”. (Hr. Ahmad)

Jadi kalau mau mulia ikutlah dalam kafilah tanda-tanda kebaikan di akhir zaman… Jika tidak, maka anda akan berada dalam kafilah tanda-tanda keburukan akhir zaman… Semuanya terserah anda… Semuanya telah dijelas di hadapan kita sekalian…

(AAS 03/11/08 )


0 komentar

Posting Komentar